Kepala SD dan SMP Unggulan Al-Ya’lu bersama Ketua Yayasan APSAI Malang menunjukkan dokumen nota kesepahaman pengembangan sekolah Adiwiyata

Selasa, 2 Februari 2021 bertempat di Madyopuro, Kota Malang, Kepala SD dan SMP Unggulan Al-Ya’lu menandatangani nota kesepahaman tentang pengembangan sekolah Adiwiyata dengan Yayasan Aksi Pengembang Sekolah Adiwiyata (APSAI) Malang.

Ketua Yayasan APSAI, Drs Samsudin MSi, mengatakan sebelumnya APSAI telah melakukan kegiatan bersama dengan 88 sekolah Adiwiyata di Jawa Timur termasuk SD dan SMP Unggulan Al-Ya’lu.

“Namun perlu dikuatkan lewat MoU agar dokumennya bisa bermanfaat buat sekolah, seperti untuk akreditasi, penilaian Adiwiyata dan penilaian sekolah lainnya,” kata Samsudin pada suryamalang.com di sela acara.

Ia menerangkan pendampingan APSAI pada sekolah Adiwiyata dimulai sejak perencanaan; pelaksanaan dan pemantauan.

Menurut Samsudin, yayasannya membina sekolah sesuai dengan Permen 52/2019 untuk melaksanakan gerakan perilaku dan berbudaya lingkungan.

Contoh kegiatan perencaan seperti di di kurikulum pada satuan pendidikan, misalkan membuat rencana aksi yang diwujudkan dalam proses pembelajaran di RPP.

“Ini untuk mengajak dan mendidik anak peduli pada lingkungan dan memiliki jiwa konservasi,” paparnya.

Dalam kondisi pandemi, maka yang dilakukan ke siswa lebih pada pembelajaran kontekstual pada lingkungan sendiri, yaitu melihat dan mempelajari sekitarnya.

 

Sumber: Suryamalang.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archives